Prihatin Dengan Kondisi Pendidikan Di Kabupaten Pinrang, KMP UMI Demo Disdik Sulsel


Makassar - Sejumlah mahasiswa menggelar demonstrasi di depan kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kota Makassar.

Aksi ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Bumi Lasinrang Pinrang, Kami Prihatin dengan adanya kejadian yang sangat mencoreng citra dunia pendidikan.

Massa juga menuntut oknum guru SMK inisial AS di Kabupaten Pinrang yang diduga memaksa siswinya melakukan video call sex (VCS) dikenakan sanksi berat.

Pantauan media saat dilokasi unjuk rasa, Jumat (20/9/2024) sekitar pukul 14.20 Wita, sejumlah mahasiswa menyampaikan orasi dengan membentangkan spanduk bertuliskan, 'Stop Pelecehan Seksual di Dunia Pendidikan. Massa tergabung dalam dalam Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Muslim Indonesia (KMP-UMI).

Aksi unjuk rasa diwarnai bakar ban hingga membuat arus lalu lintas terhambat.

Sejumlah personel kepolisian yang mengawal aksi kemudian memadamkan api dan menyingkirkan sisa pembakaran.

Dalam orasinya, massa menyampaikan tiga poin tuntutan ke Disdik Sulsel.

Salah satunya mendesak Disdik Sulsel untuk memberikan sanksi berat terhadap oknum yang melakukan pelecehan.

Massa juga mendesak Disdik Sulsel untuk mencopot Kepala SMK Negeri 2 Pinrang karena diduga mengintimidasi dan mengintervensi korban pelecehan.

Ketiga, memberikan sanksi berat terhadap oknum guru yang memberikan intervensi dan intimidasi terhadap korban pelecehan seksual.

"Kami mendesak Dinas Pendidikan untuk memberikan sanksi berat terhadap oknum yang melakukan pelecehan," seru salah seorang mahasiswa saat orasi di depan kantor Disdik Sulsel.

Demonstrasi berlangsung kurang lebih satu jam. Mahasiswa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Arus lalu lintas yang sempat tersendat juga berangsur lancar.

Lebih baru Lebih lama