Gerakan Transisi PAUD ke SD/MI, Pj. Bunda PAUD Pinrang Tekankan Pentingnya Proses Adaptasi yang Menyenangkan

Pinrang.- Pj. Bunda PAUD Kabupaten Pinrang, DR. Uswatun Hasanah Ahmadi, S.Sos., M.Pd, mengikuti kegiatan Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD/MI dan Pengukuhan Pokja Bunda PAUD di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, Selasa (13/8).

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya proses transisi yang menyenangkan bagi anak-anak yang memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dalam sambutannya, DR. Uswatun Hasanah menekankan bahwa Gerakan Transisi PAUD ke SD/MI yang menyenangkan merupakan aspek penting dalam mendukung keberhasilan anak-anak dalam melanjutkan pendidikan terutama dalam periode golden age.

“Proses transisi ini sangat krusial untuk memastikan bahwa peserta didik tidak merasa terbebani saat beralih dari PAUD ke pendidikan dasar. Hal ini membantu mereka beradaptasi dengan baik dan siap menghadapi tantangan baru di tingkat pendidikan yang lebih tinggi tanpa kehilangan keceriaan” ujar DR. Uswatun Hasanah.

Dirinya juga menambahkan bahwa proses transisi yang baik merupakan bagian penting dalam langkah anak menuju pendidikan yang lebih tinggi.

“Dengan adanya program ini, kita berharap anak-anak dapat melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya dengan kesiapan dan adaptasi yang baik, sehingga mereka dapat mencapai hasil yang optimal dan berkembang dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu, peran serta dan konsistensi Orang tua dalam pengembangan karakter anak juga menjadi hal penting yang diharapkan bisa dipahami oleh para orang tua para peserta didik.

Kegiatan ini juga diisi dengan pengukuhan Pokja Bunda PAUD, yang diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung dan memfasilitasi proses transisi PAUD ke SD/MI di Kabupaten Pinrang.

Keberadaan Pokja Bunda PAUD diharapkan dapat memperkuat sinergi antara berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Dengan kegiatan ini, diharapkan semua pihak dapat bersama-sama menyukseskan gerakan transisi ini, agar anak-anak dapat menjalani proses pendidikan dengan lebih menyenangkan dan penuh semangat. (*)


Lebih baru Lebih lama