Pinrang.- Sumbar Daya Manusia Alhamdulillah Memadai, kesigapan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sudah optimal.

Namun RSUD ini memang terkendala pada tempat tidur pasien sehingga ada pasien atau keluarga pasien yang merasa lambat untuk dilayani.

Kalau lambat atau merasa tidak layani kami rasa ada kekeliruan, karena kita lihat sendiri pelayanan kami sudah optimal.

" IGD sudah full sedangkan pasien masih bertambah, kami belum bawa keruang perawatan karena butuh penindakan terlebih dahulu. "

Disisi lain juga ruang perawatan pasien juga sudah over Kapasitas.

Hal tersebut diungkapkan Drg. Ali Ilham. M.M kepada media saat dikonfirmasi terkait membludaknya pasien di IDG RSUD Lasinrang Pinrang.

Lanjut Drg. Ilo sapaan akrab mantan Kapus Sulili ini mengatakan Lonjakan jumlah pasien sehingga daya tampung ruangan perawatan inap tidak mampu menampung pasien sehingga banyak pasien yang antri di Ruangan Instalasi Gawat Darurat.

" Daya tampung RSUD Lasinrang sudah over kapasitas yang mengakibatkan antrean pasien masuk ke rawat inap menjadi lebih lama." Tuturnya, Kamis (26/07).

Terkait permasalahan ini Dirut RSUD Lasinrang Pinrang membenarkan hal tersebut.

Kendala inj sudah lama dan kami sudah mengusulkan penambahan kamar inap dan penambahan tempat tidur pasien namun belum terealisasi.

Dr. Mohammad Inwan Ahsan. M.Kes Dirut RSUD Lasinrang hanya bisa berharap ke depan dengan kondisi over kapasitas tersebut, pemerintah pusat bisa membantu untuk membangun gedung baru atau melakukan renovasi gedung yang lama. Sehingga pelayanan kepada warga juga lebih optimal.

"Kalau mau andalkan Pemda, Pemda juga tidak punya anggaran yang banyak, makanya ini kami selama 3 tahun terakhir memperjuangkan ke pusat agar bisa jadi prioritas mendapatkan anggaran perbaikan," tegasnya.

Sebelumnya juga kami telah beberapa bahas terkait persoalan ini bahkan diberitakan dibeberapa media online agar Pemerintah Pusat dapat lansung meninjau serta melihat kondisi real yang ada di Rumah Sakit Umum Lasinrang Pinrang saat ini.

"Memang harus ada penambahan kamar. Sekitar 50 (kamar) begitu dan itu sudah kami sering ajukan ke pusat selama 3 tahun terakhir lengkap dengan master plan dari kami tetapi selalu mentok," imbuh Inwan.

Inwan mengungkap penyebab over kapasitas ruangnya perawatan di RSUD Lasinrang Pinrang karena terjadi pertambahan jumlah penduduk tiap tahunnya. Sementara ruangan kamar perawatan dan fasilitas lainnya tidak bertambah.

"Jumlah penduduk meningkat sementara ruangan perawatan tidak bertambah. Ini salah satu penyebab (over kapasitas)," paparnya.


Lebih baru Lebih lama