Pinrang.- Angkat Tema " Melangkah Bersama Memajukan Pelosok " DKP KMP-UMI Jilid II sukses di Desa Bakaru Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.

Keberhasilan Dedikasi Untuk Pelosok (DKP) jilid II yang berlangsung sejak 8 - 14 Juli karena mendapat banyak apresiasi dan antusias dari warga setempat hingga puncaknya pada 14 Juli 2024.

Dedikasi Untuk Pelosok Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Muslim Indonesia Jilid II resmi ditutup secara oleh Kepala Desa Bakaru, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Alimuddin, S.IP.

Moteng sapaan akrab Kades Bakaru saat menyampaikan sambutannya apresiasi dan rasa bangganya terhadap dedikasi dan semangat para mahasiswa KMP-UMI yang telah berkontribusi dalam memajukan daerah pelosok.

" Semoga masih banyak teman yang berjiwa seperti adik-adik dari KMP UMI, inilah Mahasiswa Umi dari dulu dikenal dengan pengabadiannya terhadap masyarakat baik itu secara langsung maupun melalui aksi-aksi Demonstrasi. " Tutup Mantan Ketua PP-KPMP ini.
Sementara itu Ketua KMP-UMI, Indra berharap bahwa kegiatan yang kemudian di laksanakan di desa bakaru ini dapat bermanfaat bagi masyarakat bakaru.

Beberapa kegiatan yang dilakukan selama DKP antara lain:

Mengajar di Sekolah Dasar: Mahasiswa memberikan pendidikan tambahan kepada siswa-siswa sekolah dasar.

Pelatihan Baca Tulis Qur'an (BTQ): Pengajaran membaca dan menulis Al-Qur'an untuk anak-anak.

Bakso (Bakti Sosial): Meliputi pelatihan pembuatan briket atau arang dari limbah jagung, sosialisasi tentang stunting, dan kegiatan sunnatan massal.

Terpisah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Pinrang dr.Ramli Yunus. M.Kes menyampaikan, rasa bangga yang mendalam kepada adik dari KMP UMI.

Dr. Ramli sapaan akrab Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Pinrang yang juga ikut dalam kegiatan DKP KMP UMI Jilid II ini mensosialisasikan tentang bahaya serta pencegahan stunting.

" Sosialisasi stunting sangat penting buat warga Desa Bakaru karena tercatat dalam data bahwa tingkat stunting di desa bakaru bisa dikatakan cukup tinggi." Ucap Ramli yang juga salah satu Alumni Terbaik Kedokteran Umi.

Mengakhiri komentarnya, Ramli yang kali ke 2 ikut dalam DKP KMP UMI menyampaikan, " Semoga yang dilakukan adik-adik ini tidak sampai disini, melainkan menjadi program kerja yang rutin dilakukan temanKMP- UMI dari tahun ke tahun. "

Ketua Panitia, Muhammad Al Farizi Sudihin, dan Kepala Bidang Humas dan Advokasi, dalam hal ini Ikbal Gibran menyampaikan bahwa respon masyarakat Bakaru sangat positif terhadap kegiatan ini. 

"Antusiasme warga Bakaru sangat tinggi. Mereka menyambut dengan baik kedatangan KMP-UMI dan turut serta dalam berbagai kegiatan yang kami adakan," ujar Muhammad Al Farizi.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan anak-anak sekolah dasar Bakaru, tetapi seluruh masyarakat, menciptakan semangat kebersamaan dan kolaborasi antara mahasiswa dan warga setempat.


Lebih baru Lebih lama