Pinrang.- Tingkatkan pengetahuan para petani dalam menangani setiap masalah yang dialami dalam menghadapi setiap masalah tanaman perkebunan.

Tanaman perkebunan menjadi salah satu tanaman yang menjadi fokus para petugas lapangan dari Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) khususnya mereka yang tergabung dalam Tim Gempur Pengganggu Tanaman (Gegana) Perkebunan.

Salah satu bukti kepedulian Pemerintah Kabupaten Pinrang kepada para petani perkebunan melalui Disnakbun saat digelarnya sosialisasi tentang tatacara Budidaya dan Pengendalian Hama/Penyakit tanaman kelapa, Senin, 23/10/2023.

Tim Gegana Perkebunan Disnakbun Pinrang yang dikoordinir oleh Sunardi, SP., M.Si saat dikonfirmasi media membenarkan perihal sosialisasi atau pemberian materi yang dilakukan oleh Tim Gegana kepada para petani perkebunan yang ada di Desa Massewae Kec. Duampanua.

" Jadi para para petugas dari Tim Gegana Disnakbun secara bergantian memberikan pemahaman kepada petani terutama tentang Hama dan Penyakit dengan maksud agar komoditi perkebunan tetap berproduksi dengan baik." Ujarnya.

Lanjut Ia, " Jadi kami sengaja turun kelapangan mengajarkan kepada petani bagaimana caranya agar komoditi perkebunan utamanya kelapa tetap meningkat produksinya selain itu kami juga senantiasa mengingatkan agar selalu waspada terhadap bahaya kebakaran." ujar Sunardi.

Sementara itu Kadis Nakbun drh. Hj. Elvi Martina menyampaikan, " Mereka yang turun langsung bersentuhan kepetani senantiasa memberikan motivasi, agar para petani tetap semangat serta tidak putus asa ditengah kondisi kemarau panjang atau El Nino. "

Tak hanya itu, Kadis juga menekankan agar para petugas menaman cabai rawit di halaman rumah masing-masing sebanyak 10 pohon agar para petani juga dapat memamfaatkan halaman rumah dengan menanam tanaman perkebunan seperti cabai rawit.

Mengakhiri komentarnya, Ia berharap agar apa yang menjadi tujuan dalam meningkatkan kualitas para petani kelapa sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan serta dapat mendongkrak produksi dari tahun ke tahun. "

" Tak hanya tanaman kelapa yang menjadi fokus utama dalam memberikan pemahaman kepada para petani oleh Tim Gegana, pemanfaatan halaman rumah sebagai kebun kami juga sangat tekankan berawal dari para petugas dengan menanam 10 Pohon cabai rawit sehingga para petani juga tertarik dalam menanam 10 Pohon Cabai. "

Untuk diketahui, " Himbauan kepada para petani atau masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat untuk berkebun khususnya cabai rawit merupakan instruksi lansung oleh Bupati Pinrang melalui surat edaran dengan nomor : 500/1885/Ekon&SDA Tentang Gerakan menanam cabai rawit dipekarangan rumah.

Lebih baru Lebih lama