Pinrang.- Terbatasnya jumlah petugas Perkebunan yang berdampak pada kurangnya intensitas petugas memberikan pendampingan terhadap para petani Kakao.

Hal tersebut membuktikan kepedulian Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Pinrang, drh. Hj. elvi Martina tanggap dalam menyikapi persoalan yang tengah dihadapi ini.

Persoalan kurang tenaga pendamping ini, menurut Kadis Nakbun dapat diatasi dengan Sinergitas Seluruh elemen termasuk Pemerintah Kecamatan sampai pada jajaran pada tingkat bawah.

" Disnakbun tidak punya penyuluh tidak ada jalan lain kecuali memaksimalkan kinerja petugas kita melayani petani," tutur Kadis disela-sela kegiatan menunggu Bupati Pinrang bertempat di Karawa, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, tanggal 31/8/2023.

Lebih lanjut Evi sapaan akrab Kadis menyampaikan, " secepatnya akan kami koordinasikan termasuk dengan Kabid agar bibit kakao yang kita bagikan dapat berproduksi dengan baik. " 

Untuk di ketahui sehari sebelum dilaksanakannya acara ini Kepala Bidang Pengembangan Perkebunan Disnakbun, Ir. Jabbar Ali As'ad, ST, M.Si, melaporkan kepada Kadis Nakbun bahwa dalam 2 tahun terakhir total bantuan bibit kakao kepada petani sebanyak 1.720.210 pohon untuk 118 kelompok tani melibatkan 3.257 petani.

Dikatakan Jabbar dalam acara tersebut dengan jumlah bibit sebanyak itu perlu kita tingkatkan pengawalan dan pendampingan agar kakao dapat dibudidayakan dengan baik oleh petani. Saya mengajak para petani marilah kita fokus memelihara Kakao kita sebagai tanaman utama agar produksinya maksimal jangan jadikan kakao sebagai istri kedua imbuhnya, kelakar jabbar yang disambut tawa hadirin.

Sementara itu Camat Lembang, Muh yusuf. S.Stp M.Si mengatakan saya akan koordinasikan dengan para Kepala Desa bagaimana caranya agar para petani bisa mendapatkan penyuluhan yang difasilitasi Kepala Desa.

" Sekiranya para Kepala Desa memprogramkan semacam Sekolah lapang yang berkaitan pemeliharaan tanaman Perkebunan mengingat potensi komoditi perkebunan di Kecamatan Lembang cukup menjanjikan seperti kakao, kopi, kelapa dan lainnya." tutur Yusuf.

Disisi yang sama Mantan Kepala Seksi Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Pinrang, Abdul Rahman Renreng, dalam diskusi itu mengatakan di Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang ada Penyuluh Swadaya tinggal bagaimana caranya kita berdayakan mereka dalam membantu petani.

Saya usul kepada Bapak Camat agar penyuluh Swadaya yang betul - betul bekerja secara Swadaya dapat dicarikan solusi melalui kerja sama para kepala Desa untuk meningkatkan motivasinya dalam membimbing petani, karena juga punya tanggungan keluarga, tutur Pria yang sekarang bertugas di Disnakbun Pinrang itu.

Selain Kadis Nakbun Drh. Elvi Martina dan Camat Lembang Muh. Yusuf turut hadir Lurah Betteng, Baharuddin, Para Kepala Bidang, Sub. Koordinator , Pengamat OPT Perkebunan, Staf Disnakbun, petugas pendamping Perkebunan, perwakilan Petani dari beberapa Kecamatan dan Anggota Barry Calabeaut(Lembaga Swasta Mitra Disnakbun).

Lebih baru Lebih lama