Pinrang.- Kapolres Pinrang AKBP Andiko Wicaksono. S.Ik yang diwakili oleh Kapolsek Duampanua Iptu Bakri.SE menghadiri acara penutupan lomba balap Lopi yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pinrang bekerjasama Ikatan Lopi Soppe Indonesia (ILSI).

Lomba balap perahu atau biasa dikenal dengan lomba Katinting atau balap ini bertajuk KNPI - ILSI 2023 CHAMPIONSHIP, yang laksanakan di 

Muara Sungai Maroneng ( Pantai Maroneng), Desa Maroneng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan.

Antusias warga baik itu Penonton serta peserta lomba dari berbagai daerah sangat antusias sejak 03 September hingga pada hari ini Selasa 05 September 2023.

Selain dihadiri oleh Ketua DPD II KNPI Pinrang Haeruddin hadir juga Kapolsek Duampanua Iptu Bakri, SE, Danramil 1404.06 Duampanua Kapten Inf. Nurdin, Ketua umum DPP ILSI Jamaluddin S.Tp, Kepala Desa Maroneng Bpk. H. Suardi, Para Panitia dan Tim Evakuasi serta para peserta balap sebanyak 8 ( delapan Tim ).

Pada kesempatan tersebut Ketua KNPI Pinrang Haeruddin menyampaikan, " Alhamdulillah, lomba balap perahu ini merupakan beberapa rangkaian program kerja kami di KNPI Pinrang, "

" Selain melaksanakan program kerja yang telah diagendakan sebelumnya, kegiatan lomba balap perahu atau Katinting ini sebagai salah satu bentuk kami mempertahankan budaya lokal, sekaligus memperkenalkan potensi wisata yang ada di Desa Maroneng Kecamatan Duampanua. " Ujarnya

Lanjut Haeruddin, salah satu cara untuk mempertahankan budaya lokal yakni menggelar suatu kegiatan yang lansung bersentuhan dengan masyarakat, maka budaya ini tak akan terlupakan atau luntur.

" Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat dengan pendapatan tambahan bagi warga yang berada disekitar kegiatan, baik itu pedagang kecil dan warga lainnya. " Ujar Haeruddin

Sementara itu Ketua DPP ILSI Jamaluddin dalam kata sambutannya mengatakan, " Tentunya kami sangat mengapresiasi teman-teman dari KNPI Pinrang dibawah kepemimpinan Haerudin karena sukses menggelar lomba balap lopi ini, "

" Terlepas dari kreatifitas para pemuda, serta kerja-kerja teman panitia dari KNPI Pinrang, antusias warga sekitar patut kita apresiasi. " Ucap Jamal.

Mengakhiri Sambutannya, Ia juga mengungkapkan bahwa suksesnya kegiatan ini juga berkat kerja-kerja dari pihak keamanan khususnya personil Polsek Duampanua dan Koramil Duampanua sehingga sampai pada hari ini situasi tetap kondusif aman dan nyaman.

Sementara itu Kapolres Pinrang yang diwakili oleh Kapolsek Duampanua Iptu Bakri.SE dalam kata sambutannya mengatakan, " Tentunya kami pihak keamanan khususnya kepolisian sangat mengapresiasi seluruh pihak karena sampai pada penutupan ini situasi tetap kondusif dan aman. "

" Tentunya kami pihak keamanan khususnya Kepolisian, sangat mengharapkan situasi yang kondusif dan sampai pada hari ini masih tetap terjaga. " Ucap Iptu Bakri

Lebih lanjut Iptu Bakri juga mengatakan, " dengan suksesnya kegiatan ini yang diselenggarakan oleh KNPI dibawah kepemimpinan Haeruddin sebagai Ketua Umum, Desa Maroneng akan dikenang oleh para peserta dari luar daerah, semoga kedepan Kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali pada momem berikutnya demi mengembangkan Pariwisata dan budaya."

" Salut dan Bangga kepada para pemuda khususnya KNPI Pinrang dibawah kepemimpinan Haeruddin, terus berkarya Pinrang butuh pemuda seperti kalian. " Tutup Kapolsek dengan penuh semangat.

Untuk diketahui Adapun Pemenang balapan Sande / Lopi Sopeq antara lain :

a. Juara 1 Polman (Cahaya Balqis)

b. Juara 2 Langga Pinrang (Keysia net)

c. Juara 3 Polman (Cahaya balqiis)

d. Juara Pinrang Pace lele (APP)

Adapun yang memenangkan juara umum balapan Sande dari team Cahaya Balqis (Polman)

 Adapun Pemenang balapan bala-bala antara lain :

a. Juara 1 Bone (Tesla)

b. Juara 2 Kalimantan (Karnaja)

c. Juara 3 Bone (Minasa Deceng)

d. Juara 4 Kalimantan (Karnaja)

Lebih baru Lebih lama