Pinrang.- Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pinrang sukses menggelar KNPI - ILSI 2023 CHAMPIONSHIP.

Lomba balap perahu atau biasa dikenal dengan lomba Katinting ini bertajuk KNPI - ILSI 2023 CHAMPIONSHIP, yang laksanakan di 

Muara Sungai Maroneng ( Pantai Maroneng), Desa Maroneng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan.

Antusias warga baik itu Penonton serta peserta lomba dari berbagai daerah sangat antusias sejak 03 September hingga pada hari ini Selasa 05 September 2023.

Hadir dalam penutupan yang dirangkaikan dengan penyerahan piala kepada para pemenang pada lomba balap perahu yang digelar DPD II KNPI Pinrang ini diantaranya Ketua KNPI Pinrang Haeruddin, Kapolres Pinrang yang diwakili oleh Kapolsek Duampanua Iptu Bakri. SE, Danramil Duampanua, para pengurus KNPI Pinrang serta beberapa tamu undangan dan para peserta.

Kepeda media Ketua KNPI Pinrang Haeruddin menyampaikan, " Alhamdulillah, lomba balap perahu ini merupakan beberapa rangkaian program kerja kami di KNPI Pinrang, "

" Selain melaksanakan program kerja yang telah diagendakan sebelumnya, kegiatan lomba balap perahu atau Katinting ini sebagai salah satu bentuk kami mempertahankan budaya lokal, sekaligus memperkenalkan potensi wisata yang ada di Desa Maroneng Kecamatan Duampanua. " Ujarnya

Lanjut Haeruddin, salah satu cara untuk mempertahankan budaya lokal yakni menggelar suatu kegiatan yang lansung bersentuhan dengan masyarakat, maka budaya ini tak akan terlupakan atau luntur.

" Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat dengan pendapatan tambahan bagi warga yang berada disekitar kegiatan, baik itu pedagang kecil dan warga lainnya. " Ujar Haeruddin

Kejuaraan lomba balap Katinting atau perahu yang berhasil keluar sebagai juara diantaranya : Kategori soppeq 

Juara umum 1 Cahaya balqis

Juara 1 Cahaya Balqis Polman

Juara 2 Chasya Net Pallameang

Juara 3 Cahaya Balqis Polman

Juara 4 APP Pajalele

Joki terbaik kelas soppeq Rajawali

Mekanik terbaik kelas soppeq : Cahaya Balqis

Kategori Bala Bala

Juara Umum 1 Tesla Bone

Juara 1 Tesla Bone

Juara 2 Star Naja Kaltim

Juara 3 Minasa Deceng Bone

Juara 4 Star Naja Kaltim

Joki Terbaik Bala Bala Denis Star Naja 

Mekanik Terbaik Tesla Racing

Lebih baru Lebih lama