Pinrang.- Peningkatan pengetahuan petani dalam mengendalikan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada tanaman Kakao jadi perhatian petugas dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pinrang.

Selain menjadi perhatian para petugas, mendapatkan pencerahan dari petugas memang menjadi kebutuhan petani saat ini khususnya dalam Pengendalian Hama dan Penyakit.

Salah seorang petani Muhammad Amir mengatakan, " untuk saat sekarang, antusias para petani Kakao dalam meningkatkan hasil produksi itu sangat tinggi, ini dikarenakan naiknya harga Kakao dipasaran untuk saat ini. "

" Petani sekarang sangat termotivasi dalam membudidayakan Kakao karena harganya semakin tinggi, tetapi yang menjadi masalah utama petani butuh bimbingan pengendalian OPT utamanya hama dan penyakit ditambah lagi musim kemarau yang berkepanjangan atau El Nino. " ungkap pria yang juga pengurus salah satu kelompok tani.

Keluhan dari para petani tersebut disampaikan langsung kepada petugas dari Disnakbun Pinrang yang dikoordinir Sunardi S.P., M.Si.

Tak tinggal diam, apa yang menjadi keluhan tersebut diteruskan kepada Pimpinan dan mendapat respon yang baik.

Drh. Hj. Elvi Martina yang juga Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pinrang lansung memerintahkan kepada para petugas untuk sesegera mungkin memberikan pemahaman sesuai dengan kebutuhan para petani Kakao.

Lebih lanjut, Kadis juga mengatakan, " Dalam kondisi saat ini saya harapkan para petugas lebih banyak dilapangan. " 

" Berikan pelayanan yang baik dengan memberikan solusi terkait apa yang menjadi kebutuhan para petani sehingga akar masalahnya dapat teratasi. " Ujar Elvi, kepada redaksi Berita-Terkini.Net Kamis (28/09/2023) pagi.

Tak lupa kadis juga menyampaikan kepada para petugas agar menyampaikan kepada para petani terkait kemarau yang berkepanjangan yang sangat rentan dengan kebakaran.

" Sesuai dengan arahan Bupati Pinrang, mari kita cegah kerabakan sedini mungkin, yang sangat rentan terjadi di musim kemarau yang berkepanjangan ini. " Tutup Kadis

Lebih baru Lebih lama