Pinrang.- Tindak lanjuti arahan Kadis Peternakan dan Perkebunan, tentang keluhan petani Kakao akibat dampak dari kemarau panjang.

Tim yang dipimpin langsung oleh Sub. Koordinator Perlindungan Tanaman Perkebunan Sunardi S.P., M.Si. turun memberikan pemahaman kepada para petani khususnya para petani Kakao.

Kepada media, Sunardi sapaan akrabnya menyampaikan, " Peningkatan SDM para petani jadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Pinrang, untuk itu kami senantiasa turun langsung mengedukasi para petani. "

Seperti yang baru ini kita laksanakan
di Dusun Ratte, Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, melakukan pembekalan atau bimbingan kepada para petani khususnya petani Kakao. "

" Ada 2 model yang kami lakukan sebelum turun memberikan edukasi, yang pertama dengan melihat kondisi secara langsung daerah mana saja yang sangat membutuhkan pelayanan atau bimbingan dari petugas dan yang kedua adalah memfasilitasi para petani yang sudah siap untuk menerima dengan cara menyampaikan kepada kami. " Ujarnya.

Berkat dari pertemuan tersebut, mereka yang hadir sudah dapat memahami tata cara merawat bibit Kakao, pemeliharaan termasuk pengendalian hama dan penyakit.

Terpisah Jumaing salah seorang petani yang hadir pada pertemuan tersebut sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya edukasi dari Disnakbun ini.

" Kami sangat bersyukur karena telah menerima pengetahuan merawat kebun tak terkecuali bagaimana meminimalkan kerugian akibat dampak musim kemarau berkepanjangan ini." Ujarnya, sesaat setelah mengikuti Bimtek, Kamis (28/09/2023).

Ia juga mengatakan, " Saya semakin bergairah memelihara kakao karena sudah punya modal pengetahuan bahkan saya ingin mencoba melakukan pembibitan sendiri dengan memanfaatkan klon - klon kakao unggul yang ada di kebun apalagi harga kakao sekarang semakin tinggi. "
Lebih baru Lebih lama