Pinrang.- Tim Gempur Pengganggu Tanaman yang disingkat Tim Gegana Perkebunan milik Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang turut menyikapi musim kemarau yang berkepanjangan atau El Nino yang melanda Kabupaten Pinrang.

Dengan musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini para petani harus lebih sigap atau lebih meningkatkan kewaspadaan agar tidak berdampak negatif pada tanaman perkebunan.

Hal tersebut diungkapkan koordinator Laskar Gegana, Sunardi, SP., M.Si, saat dikonfirmasi media, Rabu 13 September 2023.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, " Persoalan Dampak negatif yang ditimbulkan fenomena alam ini pada tanaman perkebunan perlu koordinasi antara petani dan para petugas termasuk Laskar Gegana." 

" Untuk itu Jumadi, S.P., yang merupakan bagian dari Tim Gegana bertindak cepat dan turun langsung menginformasikan kepada masyarakat terkait persoalan ini. " Ujarnya

Pria yang juga Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) ini merupakan salah satu bagian dari Tim Gegana, dan alhamdulilah beberapa himbauan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan bersama telah disampaikan kepada para petani.

Lanjut Sunardi, saya juga baru melaporkan terkait persoalan ini kepada Pimpinan dalam hal ini Kadis Peternakan dan Perkebunan drh. Hj. Elvi Martina dan respon baik serta support diberikan kepada kami beserta seluruh Tim.

" Kadis sangat mendukung program dari Tim Gegana dan dia harap kami yang ada dilapangan lebih intens dalam mengedukasi para petani kebun agar tanaman mereka tidak gagal panen. " Ujarnya sesaat setelah melakukan koordinasi dengan Kadis.

Ia juga senantiasa menekankan kepada Tim yang turun langsung kelapangan agar tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada para petani untuk meningkatkan kewaspadaan jangan sampai ada lagi kebakaran pada kebun kita, mencegah jauh lebih muda dari pada mengobati.

Lebih baru Lebih lama