Pinrang.- Desa Bakaru Kecamatan Lembang merupakan salah satu Desa yang berada di daerah pegunungan Kabupaten Pinrang dan terletak di Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Barat.

Butuh waktu 3-4 Jam dari Kota Pinrang menuju Desa Bakaru dengan kondisi jalan berkelok-kelok dan menanjak.

Dengan kondisi tersebut tentunya masyarakat sangat butuh perhatian dari pemerintah daerah dalam hal pelayanan publik.

Salah satu wujud nyata kepedulian Pemerintah Daerah terhadap warganya dengan pelayanan yang dilakukan oleh Unit pelayanan pendaftaran penduduk dan Pencatatan Sipil Keliling (UP3SK ) Disdukcapil di Desa Bakaru, Sabtu (26/8/23).

Dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang Andi Askari. S.Pi M.Si Tim UP3SK melayani setiap warga yang datang Ke Kantor Desa.

" Alhamdulillah, antusias warga Bakaru patut diapresiasi, khususnya mereka yang ingin melengkapi Dokumen Adminduknya. " Tutur Kadis kepada Redaksi Berita-Terkini.Net.

Andi Askari juga menyampaikan, " Antusias dari warga Bakaru ini, tidak terlepas dari peran Kepala Desa serta Camat yang senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah khususnya kami yang ada di Disdukcapil terkait adanya warga yang sangat membutuhkan pelayanan namum tidak sempat datang langsung mengurus ke Kantor Disdukcapil." 

Mengakhiri komentarnya Andi Askari mengatakan, " Pelayanan ini juga merupakan salah satu wujud pemerataan pelayanan kepada seluruh masyarakat Pinrang, semoga kami bisa merealisasikan hal tersebut. " 

" Sebagai pelayan masyarakat tentunya kami hanya bisa bekerja, namum kami juga tidak pungkiri punya kesalahan dan kekurangan, yang intinya Insyaallah kami bekerja sesuai regulasi. " Tutup Kadis

Terpisah Kepala Desa Bakaru Alimuddin saat dikonfirmasi mengatakan, " Alhamdulillah dengan adanya pelayanan yang diberikan Disdukcapil Pinrang dibawah kepemimpinan Andi Askari, masyakarat Desa Bakaru sangat terbantu. " 

" Apresiasi dan Ucapan Terimakasih yang tak terhingga kepada Kadis Dukcapil karena telah melayani warga kami tanpa perlu datang ke kantor Kabupaten yang jaraknya serta memakan biaya yang tak sedikit. " Ujarnya

Ia juga menyampaikan, " Sekitar 200 Orang yang dilayani Disdukcapil sangat bersyukur, selain tidak perlu jauh dan mengeluarkan ongkos, mereka juga sudah mengetahui syarat dan tenggang waktu dalam mengurus setiap Dokumen Adminduk. "

" Dengan adanya program UP3SK ini, masyarakat merasa sangat terbantu, warga kami juga sudah mengetahui bahwa memang terkadang dalam kepengurusan Dokumen apapun bentuknya bergantung pada jaringan karena dengan perkembangan teknologi ada beberapa pekerjaan yang dikerjakan oleh sistem. " Jelas Moteng Sapaan akrab Kades Bakaru yang juga mantan Ketua PP-KPMP ini.

Hadir dalam pelayanan UP3SK di Desa Bakaru Kec. Lembang mendampingi Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang Andi Askari.S.Pi M.Si Kabid PDIP Hariani.SE, Sub Kord.Kelahiran, A.Rismah.SE., Sub Kord Data Andi Sigit Saputra, S. Kom., Sub Kord Pemanfaatan Data Masdianah.SE.M.Si, Staf identitas penduduk H.Irfan Fattah.SE dan Kasubag Umun dan Kepegawaian Juhariah, SE, M.Si.

Untuk diketahui Data pelayanan UP3SK Desa Bakaru yakni KK 76, Peremakam KTP 19, Data Baru 1, IKD 6, Ktp El 36 Akta lahir 60 dan Akta kematian 4

Lebih baru Lebih lama