Pinrang.- Masa jabatan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah berakhir. Pengawasan kini diambil alih Bawaslu Sulsel.

"Sesuai dengan aturan bahwa di Undang-Undang Nomor 7 (tahun 2017) sudah jelas sama di peraturan-peraturan Bawaslu ketika ada kekosongan (jabatan komisioner) satu tingkat di bawahnya, misalnya kabupaten/kota akan diambil alih oleh satu tingkat di atasnya, (yaitu) Bawaslu Provinsi terkait fungsi pengawasan," kata Komisioner Bawaslu Sulsel Divisi Hukum, Pendidikan, dan Pelatihan Andarias Duma' kepada media, Rabu (15/8/2023).

Andarias mengatakan akhir masa jabatan Komisioner Bawaslu kabupaten/kota berlaku secara serentak pada Senin (14/8). Sehingga, secara otomatis tugas pengawasan di kabupaten/kota dialihkan ke Bawaslu Sulsel

" Tak terkecuali tugas yang ada di Bawaslu Pinrang, yang secara aturan Kepala Sekertariat yang mengambil alih sebagian tugas komisioner." kata Andarias.

Ia juga menjabarkan fungsi pengawasan Bawaslu kabupaten/kota tetap dikerjakan oleh sekretaris sebagai kepala kantor. Saat ini, kepala kantor akan dibantu oleh staf di bawahnya untuk mengawasi masa pencermatan daftar calo sementara (DCS) yang berlangsung di KPU.

"Kan di Bawaslu kabupaten/kota itu ada sekretaris sebagai kepala kantor terkait urusan perkantoran. Kemudian untuk pengawasan, ada staf di bawahnya yang melakukan pengawasan di KPU. Khusus untuk sekarang, kan masa pencermatan daftar calon sementara, itu tetap dilaksanakan di (tingkat) bawah," terangnya.

"Karena ada tim fasilitasi pengawasan pencalonan itu setiap tahapan ada SK penunjukannya. Bahwa yang menjadi ketua adalah Kepala Sekretariat," tambahnya.

Sementara itu Kepala Sekertariat Bawaslu Pinrang Hj. Halija Side SH. MM kepada media membenarkan perihal berakhirnya masa jabatan komisioner Bawaslu Pinrang periode 2018-2023.

" Untuk sementara tugas dan fungsi pengawasan ada dikami dan tetap dibawah komando Bawaslu Provinsi, sebenarnya bukan saya atau staf melainkan Bawaslu Provinsi namum untuk tugas yang tidak terlalu Urgent itu saya yang ambil alih tapi tetap berkoordinasi dengan Pimpinan yang ada di Bawaslu Provinsi. " Tuturnya

Hj. Ijha sapaan akrabnya juga menyampaikan hari ini merupakan HUT Bawaslu Kabupaten Kota yang ke-5 Semoga dengan momentum ini kami dapat melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan, serta Bawaslu tetap jaya selalu.

Terpantau pada Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Bawaslu Pinrang nampak merayakan dihalaman Kantor Bawaslu Pinrang dimana yang bertindak sebagai Pembina Upacara yakni Kepala Sekertariat Bawaslu Pinrang Hj. Halija Side. SH. MM serta dihadiri oleh seluruh Kasubag dan Staf Sekertriat Bawaslu nampak pula para ketua dan anggota Panwascam Se Kabupaten Pinrang.

Nampak pula keseruan para penyelenggara ditingkat Bawaslu Pinrang sangat penuh semangat merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 dengan menggelar berbagai perlombaan rakyat sampai pada pemotongan tumpeng diaula Kantor Bawaslu Pinrang, Kamis 17 Agustus 2023.

Lebih baru Lebih lama