Pinrang.- Badan Pemgawas Pemilu Kabupaten Pinrang (Bawaslu Pinrang) menggelar sosialisasi pengawasan dan partisipatif kepada Stakeholder dan Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pinrang Andi Fitriani dalam kata sambutannya mengatakan, " Sosialisasi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 khususnya pada tahapan pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon yg akan berakhir tahapannya. " 

Ia juga menyampaikan, " Selain untuk mencegah adanya pelanggaran pemilu khususnya pihak yang merasa dirugikan ketika masa perbaikan dokumen Bacaleg ini telah berakhir. "

" “Kami berharap elemen masyarakat dapat bekerjasama dengan baik bersama Bawaslu dalam pengawasan partisipatif menyambut pesta demokrasi 2024, karena kita semua ketahui bahwa suksesnya suatu Pemilu itu dikarenakan peran serta seluruh elemen masyarakat. " Tutup Andi Fitri

Disisi yang sama Komisioner Bawaslu Kabupaten Pinrang Ruslan menyampaikan Sosialisasi yang gelak hari ini merupakan arahan dari Kordiv Pelenggaran Pemilu Penyelesaian Sengketa Provinsi Sulawesi Selatan.

" Sekiranya pada tanggal 9 Juli nantinya tidak ada lagi Parpol yang merasa dirugikan, ketika ada Yg merasa dirugikan itu merupakan bagian pada dari pelanggaran pemilu makanya Sosialisasi ini kami gelar sebagai bagian dari Pencegahan Pelanggaran Pemilu. " Ujarnya

Penanggung jawab sosialisasi yang juga Komisioner Bawaslu Pinrang Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Hubungan masyarakat Rifah Wardana berharap agar Pemilu 2024 yang tidak cukup 1 tahun lagi dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama.

" Bawaslu Pinrang tak henti-hentinya mengajak seluruh elemen masyarakat agar sekiranya berperan aktif dalam Pemilu 2024 dan khususnya para peserta Pemilu dalam hal ini Partai Politik agar sekiranya dapat lebih aktif dalam mempersiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan pada tahapan perbaikan daftar caleg sementara yang waktunya tinggal 2 hari lagi. " Tutupnya.

Sementara itu Ketua KPU Muh. Ali Jodding menyampaikan, " Tahapan perbaikan dokumen Bacaleg tinggal 2 hari lagi, artinya tahapan ini akan berakhir pada 9 Juli pukul 23:59. "

" KPU Pinrang telah melakukan persuratan kebeberapa instansi yang punya tanggung jawab terkait dokumen tersebut, dan Alhamdulillah respon mereka baik dan siap membuka pelayanan pada Sabtu dan Ahad khusus untuk dokumen Bacaleg. " Ujarnya.

Sosialisasi kali ini juga menghadirkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pinrang Drs. H. Syahrir Pawittoi M. Si sebagai salah satu narasumber pada sosialisasi yang dihadiri oleh Stakeholder serta para Pimpinan Parpol peserta Pemilu 2024.

Tak hanya itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Sekertariat Bawaslu Kab. Pinrang Hj. Halija Side beserta para Para Kasubag dan Staf Sekertariat Bawaslu Pinrang.

Lebih baru Lebih lama