Pinrang.- Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pinrang Andi Fitriani S.Pd angkat bicara terkait rapat pleno KPU yang telah menetapkan DPT Pemilu 2024.

Andi Fitri sapaan akrabnya menyampaikan, " Tentu yang kita (Bawaslu) inginkan itu daftar pemilihnya tidak bermasalah artinya DPT-nya sudah tetap, DPTnya sudah benar, DPT sudah akurat.

" Bawaslu Kabupaten punya tanggung jawab penuh untuk memastikan proses penetapan DPT di KPU sudah benar secara prosedur, sehingga datanya akurat,” kata Andi Fitri yang dihubungi Redaksi Berita-Terkini Sesaat Setelah KPU Pinrang menggelar rapat pleno penetapan DPT Pemilu 2024.

Srikandi pengawasan ini juga menjelaskan terkait tiga unsur pemilu yakni adanya penyelenggara pemilu, adanya peserta pemilu, dan adanya pemilih. Menurutnya, ketiga unsur tersebut tidak bisa diabaikan satu dengan lainnya.

Lanjutnya, terkait persoalan data pemilih Bawaslu Kabupaten sampai pada tingkat PKD ‘all out’ dalam mengawasi tahapan pemutakhiran daftar pemilih hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU, Hal itu dilakukan, demi menjaga kualitas pemilu dan pemilihan 2024 mendatang."

Diketahui sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu 2024 mendatang sebanyak 294.966 orang, yang dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Pinrang bersama Komisioner Bawaslu lainnya 

Andi Fitri menjelaskan, " Dari jumlah tersebut pemilih perempuan lebih banyak dengan jumlah 152.204 orang." 

"Setelah melakukan serangkaian perbaikan, dan diawasi secara ketat oleh Bawaslu Pinrang KPU tetapkan hari ini jumlah DPT untuk Pemilu 2024 sebanyak 294.966 pemilih," Ujarnya.

Ia juga menyampaikan Dari 294.966 pemilih tersebut terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 152.204 orang dan 142.762 orang pemilih pria. Jumlah pemilih tersebut tersebar di 12 kecamatan di Pinrang.

Pemilih aktif terbanyak ada di Kecamatan Watang Sawitto sebanyak 41.742 orang dan terendah ada di Kecamatan Batulappa sebanyak 8.009 pemilih," Tutupnya.

Lebih baru Lebih lama