(Foto : Kanit Reskrim Polsek Paleteang Aiptu Cuncung saat melakukan Problem Solving) 

Pinrang.- Kampung Merdeka terminal Paleteang yang terselenggara sejak 10 Agustus hingga 10 September 2022.

Adanya Kampung Merdeka ini sontak mengundang seluruh masyarakat Bumi Lasinrang untuk datang ke Kampung Merdeka yang berlokasi di Terminal Regional Paleteang Jl. Gunung Latimojong Kel. Temmassarangnge Kec. Paleteang Kab. Pinrang.

Tak sedikit diantara mereka diberdayakan karena adanya Kampung Merdeka ini khususnya para Pemuda Paleteang dengan mendapatkan lapangan kerja yang baru yakni jukir dan sebagian juga memilih untuk jadi pedagang musiman.

Namum hal tersebut bukan berarti tidak ada warga yang merasa risih dan sangat terganggu dengan dengan adanya Kampung Merdeka dengan waktu yang dinilai sangat lama.

Menambah kerisihan warga sekitar terminal yang punya bayi serta anak yang masih berada di bangku SD, karena panitia panitia kampung Merdeka juga melaksanakan pentas seni dimana mengeluarkan musik terlalu besar dan sampai jam 23.00 Wita biasanya, sehingga selama adanya Kampung Merdeka ini, anak-anak yang tinggal disekitar terminal sudah tidak fokus belajar lagi di malam hari, dan tidur sampai larut malam sehingga dipagi hari saat Kesekolah pasti mengantuk.

Hal tersebut dikuatkan dengan panggung yang ada di dalam Kampung Merdeka digunakan untuk pentas Seni, Namum hal tersebut dikeluhkan sebagian warga, karena selain durasi waktu yang cukup lama, setiap malam musik yang mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu masih kedengaran di pukul 23.00 Wita.

Disisi lain dengan adanya pentas seni pengunjung bisa berpartisipasi untuk nyanyi dan tak sedikit juga yang joget sehingga menambah keseruan Namum dengan adanya joget-johey sangat rentan memicu gesekan yang pada akhirnya berakhir dengan adu jotos.

Apa yang kemudian diresahkan warga dengan adanya pentas seni tersebut betul terjadi setelah Dua pemuda terlibat perkelahian pada Jumat (2/9/2022),malam.

Dari sumber yang didapat hal tersebut terjadi karena kesalahpahaman dan berujung perkelahian yang melibatkan Inisial Lel.WW (24) dan TW (20).

Dapatkan informasi terkait adanya perkelahian di lokasi, Porsenil Polsek Paleteang yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Paleteang Aiptu Cuncung setelah mendapatkan arahan Kapolsek Iptu Kisman gerak cepat dengan membawa kedua belah pihak yang sedang bertikai.

Iptu Kisman. SH yang dihubungi media Via selulernya mengatakan, ' Alhamdulillah perselisihan antara 2 Pemuda itu menemui titik terang dimana pemicunya hanya hal sepele, Porsenil Polsek Paleteang dipimpin Kanit Reskrim setiap ada gesekan atau apapun itu sibisa mungkin mengedepankan problem solving atau pendekatan secara kekeluargaan. " 

" Beruntung personil kami cekatan dan Kanit Reskrim juga telah melakukan problem solving sehingga kedua belah pihak sepakat untuk saling memaafkan dan tidak akan mengulangi perselisihan tersebut. " Tutup Perwira Polisi 2 balok di pundak ini.

Terpisah Kapolres Pinrang AKBP. Moh. Roni Mustafa. S. Ik dihubungi media Via WhatsApp menyampaikan, " untuk penanganan setiap kejadian yang dapat mengganggu Kamtibmas anggota Polri yang ada di lapangan khususnya personil Polsek Jajaran khususnya para Bhabinkamtibmas yang ada dilapangan harus cepat tanggap mendeteksi dini setiap permasalahan dan dengan cepat diredam dengan melaksanakan tugas Problem Solving-nya."

" Tujuan mengedepankan Problem Solving agar setiap permasalahan dapat dicegah sedini Mungkin, sehingga situasi Kamtibmas tetap berjalan dengan Aman dan Kondusif. Tutup Perwira Polisi yang gemar berbagi ini.
Lebih baru Lebih lama