(Foto: Koordinator Bin Pinrang, Kaban Kesbangpol Kabid Kewaspadaan Dini)

Pinrang.- Sebuah Tema," Peran serta Pemerintah dan Masyarakat dalam menangkal Radikalisme, Terorisme dan Separatisme menjelang Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, " diangkat dalan sebuah rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Pinrang, bertempat di Ruang pertemuan Hotel Shafira, Jl. Singa No. 14 Kel. Maccorawalie Kec. Wt Sawitto Kab. Pinrang, Jum'at 16 September 2022.

Kegiatan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Pinrang merupakan agenda rutin tahunan yang masuk dalam kinerja Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pinrang.
Ketua Panitia Rakor FKDM Syaifullah Akbar. S.Sos dalam laporannya mengatakan, ' Rakor FKDM yang kita gelar hari ini bertujuan untuk meningkatkan dan memantapkan Sikap kewaspadaan dari masyarakat sehingga dapat mencegah masuknya faham Radikal yang sangat rentan berkembang ditengah masyarakat." 

Lanjut Iful Sapa'an akrab Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pinrang, " Selain memberikan pemahaman dalam menangkal Radikalisme, Terorisme dan Separatisme, kegiatan kali ini juga erat kaitannya dalam pencegahan segala macam potensi konflik yang akan terjadi jelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024. " 

Mengakhiri laporannya Iful menyampaikan, " Rakor yang menggandeng Badan Intelejen Negara sebagai pemateri dan para Camat dan Kepala Desa Se-kabupaten Pinrang, serta para pengurus FKDM Pinrang yang terdiri dari Unsur Ormas, LSM dan Tokoh Masyarakat selaku peserta, serta dibuka secara langsung oleh Bupati Pinrang yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pinrang Drs. Abdul Rahman Usman, M.Si.
Kaban Kesbangpol Rahman setelah membuka secara resmi Rakor Tersebut menyampaikan " Sambutannya yang pada intinya, berharap kepada seluruh peserta yang hadir pada Rakor kali ini untuk memperhatikan dengan seksama agar bisa diterapkan di tengah masyarakat nantinya sehingga segala bentuk dan potensi terjadinya konflik dapat dideteksi dan dicegah sedini mungkin. " 

" Alhamdulillah Kabupaten Pinrang ini merupakan salah satu daerah yang sampai hari masih aman-aman saja dari Faham-faham yang dapat menimbulkan suatu konflik, Namum bukan berarti kita harus lengah dalam mewaspadai setiap pergerakan yang dinilai sangat erat kaitannya akan menggangu kehidupan bermasyarakat apalagi dalam menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024. "
Sementara itu Koordinator Wilayah BIN Kab. Pinrang Muh. Husni menyampaikan, " hari ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita semua, karena berawal dari forum ini kedepannya kita kan melakukan serangkaian kegiatan yang erat kaitannya terhadap peningkatan pemahaman untuk menangkal Radikalisme, Terorisme dan Separatisme di Bumi Lasinrang, " 

" Menyaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi potensi dini ancaman keamanan atau peristiwa bencana sebagai bahan untuk pemacahan masalah bagi Pimpinan Daerah dalam mengambil kebijakan berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat terutama jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 jadi tujuan utama digelarnya Kegiatan ini. " Tuturnya.
Ia berharap Sinergitas mulai pada tingkatan atas sampai pada pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi pada suatu wilayah kerja harus lebih ditingkatkan sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang jauh dari konflik. "

Pada sesi akhir 3 orang pserta yang memberikan pernyataan terkait kegiatan yang baru kali ini melibatkan Bin selaku Narasumber dan Para Camat dan Kepala Desa sebagai peserta yakni Kepala Desa Maritangngae Samsul Taju, Kepala Desa Padaelo Muhammad Nasir dan dari unsur LSM Rasyd Panrita.
Lebih baru Lebih lama